Percaya Diri dalam Public Speaking
Percaya
diri berarti merasa positif tentang apa yang bisa anda lakukan dan tidak
menghawatirkan apa yang tidak bisa anda lakukan, tapi memiliki kemauan untuk
belajar. Kepercayaan diri adalah pelumas yang memperlancar roda hubungan antara
anda, kemampuan; bakat, keahlian dan potensi serta cara anda memanfaatkannya.
Kepercayaan
Diri Palsu
Ada pendapat bahwa orang yang percaya diri adalah jenis orang yang lantang, berani
dan terbuka, yang bisa menangani segala masalah, baik pribadi maupun pekerjaan,
tanpa banyak bicara tapi pasti. Namun orang yang sering membicarakan diri
sendiri dan apa yang mereka lakukan sering kali sebenarnya memakai ‘topeng’
kepercayaan diri. Sikap ini hanyalah ekspresi luar yang mungkin
menyembunyikan ketidakyakinan yang mereka coba hindari.
Ini
bukan kepercayaan diri sejati. Kepercayaan diri ini adalah kepercayaan diri yang ‘dipaksakan’
dan mereka adalah ‘pemalsu kepercayaan diri’. Mereka memakai topeng kepercayaan
diri untuk memastikan mereka tetap mengendalikan situasi. Keinginan ini lahir
karena takut tidak memegang kendali. Semakin besar kendali mereka atas orang
lain, semakin tinggi pula kehormatan yang mereka dapat. Keinginan mereka untuk
mengendalikan orang lain dan kondisi lahir karena mereka pernah diremehkan
orang lain. Mereka sadar perasaan ini tidak akan membuat mereka maju. Mereka
pun membuat cara pandang yang berlebihan terhadap diri sendiri sehingga mereka
merasa besar dan orang lain merasa kecil.
Kepercayaan Diri Sejati
Kepercayaan
diri sejati tidak sama dengan kepercayaan diri tidak sejati, kepercayaan diri sejati
lebih ‘hening’ dan dimulai dari dalam. Dalam konteks ini, ‘hening’ berarti
kondisi alaminya tidak terganggu. Tidak ada suara latar, keraguan, perbandingan
dengan orang lain, rasa takut akan kegagalan, dan kekhawatiran akan anggapan
orang lain. Ini adalah kepercayaan diri dalam. Ada ‘segitiga emas’ antara
individu, kemampuannya dan momen yang ada.
Di tengah kepercayaan diri, keraguan
tidak bisa muncul. Di antara orang-orang
seperti itu, anda sepenuhnya percaya mereka akan melakukan apa yang mereka
katakan. Contohnya, jika sebuah bengkel memperbaiki mobil anda dengan sangat
baik, anda akan merekomendasikannya kepada teman-teman anda karena anda percaya
sepenuhnya terhadap kemampuan bengkel tersebut. Anda akan percaya kepada mekanik bengkel karena ia yakin akan pekerjaannya. Hasilnya, orang lain percaya pada
mekanik tersebut karena kepercayaan anda padanya dan kepercayaan orang pada
anda.
Anda membuat orang lain memercayai anda
dengan memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Anda bisa
memberi orang lain alasan untuk memercayai anda.
Pentingnya
Percaya Diri didepan Klien dan Forum
Jika Anda tampak benar-benar percaya diri, anda akan dianggap sebagai orang
yang bertanggung jawab, mampu dan cerdas. Beberapa hal di bawah ini adalah pentingnya percaya diri bagi seorang public relations saat menghadapi klien maupun hadirin dalam forum.
Memiliki Visi dan Keberanian
Seorang
yang percaya diri memiliki visi ke mana mereka ingin pergi dan mencapai
prestasi. Mereka memiliki gagasan yang jelas dan sesuai strategi rencana untuk
tim. Mereka
menjadi berani dengan bantuan kepercayaan diri yang membantunya menghadapi semua jenis situasi. Satu harus berani karena
dia harus mengarahkan tim untuk tujuan di mana mereka dapat menemukan hasil
yang bermanfaat. Tanpa keberanian dia tidak akan bisa memutuskan, memiliki
kepercayaan atau mengambil tindakan.
Percaya Diri dalam Berkomunikasi
Seorang public
relations yang percaya diri adalah salah satu yang memilih kata-katanya
dengan hati-hati. Kalimat motivasi diri dan mempengaruhi anggota tim. Niatnya
akan selalu tetap positif. Dia akan efektif berkomunikasi melalui gerakan
seperti senyum lebar dan meyakinkan. Bahkan di saat-saat darurat dia tidak akan
menunjukkan tanda-tanda kepanikan dalam suaranya dan efisien berkomunikasi
dengan orang lain.
Meyakinkan Diri Sendiri
Percaya diri akan membuat seorang public
relations memiliki kepercayaan diri yang cukup dan kepercayaan dalam kemampuan dan tindakannya. Dia tidak akan
aman di tingkat manapun. Ia percaya pada kenyataan bahwa keterampilan dan
efisiensinya akan memimpin tim dengan baik. Mereka hampir tidak dipengaruhi
oleh komentar-komentar dari para kritikus karena mereka sangat baik tahu
seberapa efektif mereka bekerja.
Signifikansi
Seorang public relations yang percaya diri membuat orang lain di sekitar merasa signifikan. Mereka
membiarkan tim bertanggung jawab untuk mereka dan merasa kredibel. Seorang public relations akan memahami pentingnya tim dan akan menjadi perhatian mereka. Dengan
begitu, mereka merasa penting untuk setiap pekerjaan yang
mereka lakukan.
Kepercayaan Diri Membawa Kepuasan
Percaya
diri membuat senang diri sendiri maupun orang lain. Mereka merasa positif dan termotivasi. Mereka menerima tugas dengan sikap yang senang karena
mereka percaya diri jika dapat mengerjakan tugas tersebut. Ini membuktikan inspirasi dan mempengaruhi orang lain.
Hubungan Yang Kuat
Seorang yang
percaya diri mampu membangun hubungan yang langgeng kuat
dan panjang dengan anggota tim dan rekan. Mereka masuk ke dalam hubungan yang
produktif dan konstruktif. Seorang public
relations
yang percaya diri adalah pusat perhatian dan menangani konflik dengan tepat. Jadi orang yang percaya diri seperti merasa baik dan menciptakan lingkungan kerja yang
positif.
Percaya Diri Membuat Orang Menjadi Ambisius
Public relations yang
percaya diri termotivasi untuk menjadi ambisius. Mereka
secara teratur menetapkan tujuan dan berusaha untuk mencapai hasil yang
maksimal. Mereka percaya pada kerja keras dan menghargai tugas
masing-masing.
Percaya Diri Membuat Orang Tenang
Seorang yang percaya diri akan tetap tenang meski
pada waktu kesulitan. Seorang yang percaya diri memahami pentingnya ketenangan agar tidak frustrasi atau bermasalah saat berbicara dengan klien maupun dalam
forum. Untuk mengatasi situasi yang kacau tidak dapat ditangani dengan kecemasan. Ketika seorang public relations percaya
diri dengan kemampuan mereka untuk mengatasi hambatan, mereka tetap tenang dan impulsif. Ini akan
membantu dalam mengambil evaluasi yang tepat, memahami tanpa merasa takut dan
mencapai keberhasilan secepat mungkin.
Menerima Masukan
Seorang yang percaya diri akan selalu mengakui dan menyetujui masukan yang ia terima.
Karena hal
ini orang sering datang dengan
masukan. Mereka sama-sama merasa bertanggung jawab untuk memberikan ide-ide perbaikan.
Mengidentifikasi Keberhasilan
Orang yang percaya diri mampu mengidentifikasi peluang di mana ia dapat membangun
hasil yang baik dengan timnya. Dia juga mampu mengambil pujian dengan gerakan
sederhana. Ia
percaya diri akan selalu ingat bahwa itu adalah tugasnya
untuk membawa keberhasilan perusahaan dan tidak akan membiarkan arogansi atau
terlalu percaya diri menghambat karirnya. Mereka juga sama-sama mengakui
keberhasilan rekan lainnya. Mereka baik dalam memilih peluang terbaik.
Tips Agar
Percaya Diri didepan Klien dan Forum
Meyakinkan
Hadirin
Dalam
situasi satu lawan satu atau kelompok kecil misalnya saat bertemu klien
perseorangan, pembicara dapat menyesuaikan perkataannya dengan respon individu
dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Sedangkan dalam sebuah forum, anda
tidak dapat menetralisir individu dengan mudah.
Cara
berfikir yang baik saat berbicara dengan klien atau sebagai pembicara dalam
forum adalah anda berada disana untuk membagi pengetahuan. Berbicaralah pada
tiap orang. Secara harfiah, tatap langsung mata tiap pendengar seperti yang
anda lakukan dalam pembicaraan satu lawan satu. Pada awalnya hal ini akan sulit
dilakukan jika anda telah terbiasa melihat sepintas atau menghindari kontak
mata. Tetapi usaha ini patut dilakukan untuk mendapatkan kebiasaan dasar
sebagai pembicara yang efektif.
Mengenali Pesan
Kunci Anda
Tugas
anda adalah menjadi pembawa pesan kunci tersebut. Peran ini memampukan anda
bersikap netral, sekalipun klien dan hadirin menyukai anda atau tidak.
Masalahnya, hadirin menerima pesan tersebut atau tidak. Menjadi pembawa pesan
membuat anda memahami peran dengan jelas.
Mengembangkan
‘referensi lebih’
Saat
berbicara dengan klien atau menjadi pembicara dalam forum, penting untuk
memiliki ‘referensi lebih’. Yaitu luapan isi, ide, dan pemikiran tentang topik
pembicaraan. Jika bisa, luangkan waktu sebelum memulai pembicaraan untuk
memikirkannya, mengumpulkan contoh, meneliti, dan berbicara dengan orang lain.
Pahami baik-baik bahan yang akan anda bicarakan. Inilah cara untuk menghasilkan
referensi lebih. Artinya, anda memiliki sesuatu untuk diberikan dan membutuhkan
hadirin untuk menerimanya.
Belajar
Dari Orator Hebat
Untuk
mengembangkan kemampuan komunikasi anda, mengapa tidak mendengarkan rekaman
pisato dari orator-orator hebat dunia? Misalnya;
· Sir
Winston Churchill ‘We will fight them on the beaches’ (1940)
· Mall
Colm X ‘The ballot or the bullet’ (1964)
· John
F. Kennedy ‘Ask not what your country can do for you’ (1961)
· Martin
Luther King, Jr ‘I have a dream’ (1963)
· Franklin
D. Roosevelt ‘A date will live in infamy’ (1941)
Tetap
Santai
Tetap
santai adalah sikap yang penting saat berbicara dengan klien maupun menjadi
pembicara dalam sebuah forum, terutama jika anda mudah gugup. Berikut tips
sederhana untuk mengatasi kegugupan anda. Tarik napas berlahan dan teratur.
Sekarang bayangkan ada bulu kecil di ujung hidung anda. Buanglah napas selembut
mungkin sehingga bulu tersebut tidak bergeser. Berkonsentrasilah hanya pada
bulu tersebut. Teknik pernapasan dalam ini akan menenangkan anda.
Mempelajari
Keterampilan Presentasi
Presentasi
yang efektif dimulai dengan persiapan sebelum anda naik ke panggung. Berikut
beberapa tips dan latihan untuk membantu mematangkan persiapan anda.
Meningkatkan
Ketangkasan Mental
Tujuan
dari latihan ketangkasan adalah untuk membantu anda membentuk ketangkasan dan
kecakapan mental. Yang penting ketika anda perlu bereaksi cepat, terutama saat
berhadapan dengan klien. Misalnya anda diminta untuk menyebutkan empat nama
negara yang berawalan dengan huruf I secara cepat. Maka secara spontan mungkin
anda akan menjawab “Indonesia, India, Iran, dan Iran”. Lakukan latihan ini
dengan cepat selama 10 menit. Setelah selesai anda akan merasa cemerlang,
cepat, dan tajam secara mental.
Mengeluarkan
Suara
Latihan ini akan membantu anda saat
berbicara dengan hadirin dalam jumlah besar seperti dalam forum. Saat membaca
dengan keras, bayangkan kata-kata yang terucap seperti anak panah yang meluncur
dari mulut anda menuju sasaran. Mulailah dengan sasaran yang dekat lalu
lanjutkan dengan sasaran yang semakin jauh.
Menyeimbangkan
Kedua Bagian Otak
Latihan
ini membantu menyeimbangkan otak kiri (sisi logika) dan otak kanan (sisi
kreatif) serta membuat kedua bagian tersebut bekerja secara harmonis. Ambillah
dua bola tenis lalu lemparkan pada teman anda pada jarak satu meter. Pastikan
agar bola tersebut tepat ditangan teman anda. Lalu suruh teman anda untuk
melemparkan balik dan lakukan secara berulang-ulang. Setelah selesai, anda akan
merasa stabil, tenang, dan seimbang.
Memvariasikan
Kecepatan Penyampaian
Berlatihlah
membaca dengan kecepatan berbeda. Ambillah selembar tulisan dan bacalah dengan
sangat lambat, sangat cepat, sangat stabil dan sistematis. Setelah latihan ini,
anda akan merasa bisa menyampaikan presentasi dengan kecepatan yang diinginkan.
Bukan terburu-buru karena tegang dan khawatir akan reaksi hadirin.
Membentuk
Kecakapan
Latihan
ini akan membantu anda membentuk kecakapan dalam ketrampilan presentasi.
Bayangkan anda berbicara dengan keras kepada anak kecil, seorang kakek, kepala
negara, dan 10.000 hadirin. Bagaimana perbedaan intonasi anda saat berbicara
pada orang-orang tersebut? Tentu saja berbeda saat berbicara dengan klien
maupun dalam forum yang menyesuaikan hadirin. Maka anda harus membentuk
kecakapan antara anda pribadi dan hadirin.
Berinteraksi
Dengan Hadirin
Cara
anda berinteraksi dengan hadirin akan menentukan efektivitas presentasi anda.
Komunikator yang buruk sering membuat pendengar merasa tertidur dengan
bersembunyi dibalik slide atau
tampilan visual lainnya. Padahal sebenarnya peralatan ini berguna untuk
menjelaskan inormasi kunci, tetapi jika terlalu banyak akan menyebabkan anda
kehilangan kontak dengan hadirin.
Jangan
takut untuk berbicara dari hati. Antusias dalam membuat pembicaraan berkesan karena
unsur ini meningkatkan kecepatan pemindahan dari pembicara ke hadirin. Jika
anda berbicara dalam forum, ingatlah bahwa anda tidak harus berada diposisi
yang sama dan hanya berdiri di satu tempat saja. Terkadang pembicara terfokus pada satu titik sehingga hadirin merasa bosan.
Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang,
Batu Rafting, Kaliwatu Rafting, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim
yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk
informasi lebih lanjut:
JAKARTA
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun –
Jakarta Timur 13220
Mobile: 081 334 664 876 / 085 311 091 054
SURABAYA
Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965
MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 082 231 080 521 / 0858 1219 5551
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar