Senin, 02 Januari 2017

PERCAYA DIRI DALAM PUBLIC SPEAKING

Percaya Diri dalam Public Speaking

Percaya diri berarti merasa positif tentang apa yang bisa anda lakukan dan tidak menghawatirkan apa yang tidak bisa anda lakukan, tapi memiliki kemauan untuk belajar. Kepercayaan diri adalah pelumas yang memperlancar roda hubungan antara anda, kemampuan; bakat, keahlian dan potensi serta cara anda memanfaatkannya.

Kepercayaan Diri Palsu
Ada pendapat bahwa orang yang percaya diri adalah jenis orang yang lantang, berani dan terbuka, yang bisa menangani segala masalah, baik pribadi maupun pekerjaan, tanpa banyak bicara tapi pasti. Namun orang yang sering membicarakan diri sendiri dan apa yang mereka lakukan sering kali sebenarnya memakai ‘topeng’ kepercayaan diri. Sikap ini hanyalah ekspresi luar yang mungkin menyembunyikan ketidakyakinan yang mereka coba hindari.

Ini bukan kepercayaan diri sejati. Kepercayaan diri ini adalah kepercayaan diri yang ‘dipaksakan’ dan mereka adalah ‘pemalsu kepercayaan diri’. Mereka memakai topeng kepercayaan diri untuk memastikan mereka tetap mengendalikan situasi. Keinginan ini lahir karena takut tidak memegang kendali. Semakin besar kendali mereka atas orang lain, semakin tinggi pula kehormatan yang mereka dapat. Keinginan mereka untuk mengendalikan orang lain dan kondisi lahir karena mereka pernah diremehkan orang lain. Mereka sadar perasaan ini tidak akan membuat mereka maju. Mereka pun membuat cara pandang yang berlebihan terhadap diri sendiri sehingga mereka merasa besar dan orang lain merasa kecil.
public speaking,public speaking tips,public speaking topics,public speaking skills,public speaking classes,public speaking definition,public speaking jobs,public speaking quotes,public speaking project,public speaking fear,public speaking activities,public speaking adalah,public speaking an audience-centered approach,public speaking academy,public speaking articles,public speaking and presentation skills,public speaking book,public speaking body language,public speaking benefits,public speaking basics,public speaking business,public speaking bandung,public speaking blog,public speaking competition,public speaking club,public speaking classes near me,public speaking careers,public speaking delivery,public speaking examples,public speaking events,public speaking experience,public speaking for success,public speaking games,public speaking groups,public speaking goals,public speaking gestures,public speaking guide,public speaking guidelines,public speaking ideas,public speaking introduction,public speaking informative speech,public speaking importance,public speaking jakarta,public speaking job description,public speaking know your audience,public speaking kursus,public speaking keywords,public speaking lesson plans,public speaking lessons,public speaking leadership,public speaking lecture,public speaking meaning,public speaking mistakes,public speaking nerves,public speaking nervousness,public speaking nervous,public speaking near me,public speaking news,public speaking outline,public speaking opportunities,public speaking online course,public speaking online,public speaking organization,public speaking one liners,public speaking on resume,public speaking objectives,public speaking practice,public speaking presentation,public speaking questions,public speaking qualities,public speaking rules,public speaking research,public speaking speech,public speaking seminars,public speaking strategies,public speaking training,public speaking techniques,public speaking text,public speaking test,public speaking title,public speaking workshop,public speaking workshop ideas,public speaking worksheets pdf,public speaking youtube,public speaking yang baik,public speaking yogyakarta,public speaking yang efektif,public speaking 2016,public speaking 2017,public speaking 4 methods of delivery


Kepercayaan Diri Sejati

Kepercayaan diri sejati tidak sama dengan kepercayaan diri tidak sejati, kepercayaan diri sejati lebih ‘hening’ dan dimulai dari dalam. Dalam konteks ini, ‘hening’ berarti kondisi alaminya tidak terganggu. Tidak ada suara latar, keraguan, perbandingan dengan orang lain, rasa takut akan kegagalan, dan kekhawatiran akan anggapan orang lain. Ini adalah kepercayaan diri dalam. Ada ‘segitiga emas’ antara individu, kemampuannya dan momen yang ada.

Di tengah kepercayaan diri, keraguan tidak bisa muncul.  Di antara orang-orang seperti itu, anda sepenuhnya percaya mereka akan melakukan apa yang mereka katakan. Contohnya, jika sebuah bengkel memperbaiki mobil anda dengan sangat baik, anda akan merekomendasikannya kepada teman-teman anda karena anda percaya sepenuhnya terhadap kemampuan bengkel tersebut. Anda akan percaya kepada mekanik bengkel karena ia yakin akan pekerjaannya. Hasilnya, orang lain percaya pada mekanik tersebut karena kepercayaan anda padanya dan kepercayaan orang pada anda.

Anda membuat orang lain memercayai anda dengan memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Anda bisa memberi orang lain alasan untuk memercayai anda.

Pentingnya Percaya Diri didepan Klien dan Forum
 Jika Anda tampak benar-benar percaya diri, anda akan dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab, mampu dan cerdas. Beberapa hal di bawah ini adalah pentingnya percaya diri bagi seorang public relations saat menghadapi klien maupun hadirin dalam forum.

Memiliki Visi dan Keberanian
Seorang yang percaya diri memiliki visi ke mana mereka ingin pergi dan mencapai prestasi. Mereka memiliki gagasan yang jelas dan sesuai strategi rencana untuk tim. Mereka menjadi berani dengan bantuan kepercayaan diri yang membantunya menghadapi semua jenis situasi. Satu harus berani karena dia harus mengarahkan tim untuk tujuan di mana mereka dapat menemukan hasil yang bermanfaat. Tanpa keberanian dia tidak akan bisa memutuskan, memiliki kepercayaan atau mengambil tindakan.

Percaya Diri dalam Berkomunikasi
Seorang public relations yang percaya diri adalah salah satu yang memilih kata-katanya dengan hati-hati. Kalimat motivasi diri dan mempengaruhi anggota tim. Niatnya akan selalu tetap positif. Dia akan efektif berkomunikasi melalui gerakan seperti senyum lebar dan meyakinkan. Bahkan di saat-saat darurat dia tidak akan menunjukkan tanda-tanda kepanikan dalam suaranya dan efisien berkomunikasi dengan orang lain.

Meyakinkan Diri Sendiri
Percaya diri akan membuat seorang public relations memiliki kepercayaan diri yang cukup dan kepercayaan dalam kemampuan dan tindakannya. Dia tidak akan aman di tingkat manapun. Ia percaya pada kenyataan bahwa keterampilan dan efisiensinya akan memimpin tim dengan baik. Mereka hampir tidak dipengaruhi oleh komentar-komentar dari para kritikus karena mereka sangat baik tahu seberapa efektif mereka bekerja.

Signifikansi
Seorang public relations yang percaya diri membuat orang lain di sekitar merasa signifikan. Mereka membiarkan tim bertanggung jawab untuk mereka dan merasa kredibel. Seorang public relations akan memahami pentingnya tim dan akan menjadi perhatian mereka. Dengan begitu, mereka merasa penting untuk setiap pekerjaan yang mereka lakukan.

Kepercayaan Diri Membawa Kepuasan
Percaya diri membuat senang diri sendiri maupun orang lain. Mereka merasa positif dan termotivasi. Mereka menerima tugas dengan sikap yang senang karena mereka percaya diri jika dapat mengerjakan tugas tersebut. Ini membuktikan inspirasi dan mempengaruhi orang lain.

Hubungan Yang Kuat
Seorang yang percaya diri mampu membangun hubungan yang langgeng kuat dan panjang dengan anggota tim dan rekan. Mereka masuk ke dalam hubungan yang produktif dan konstruktif. Seorang public relations yang percaya diri adalah pusat perhatian dan menangani konflik dengan tepat. Jadi orang yang percaya diri seperti merasa baik dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Percaya Diri Membuat Orang Menjadi Ambisius
Public relations yang percaya diri termotivasi untuk menjadi ambisius. Mereka secara teratur menetapkan tujuan dan berusaha untuk mencapai hasil yang maksimal. Mereka percaya pada kerja keras dan menghargai tugas masing-masing.

Percaya Diri Membuat Orang Tenang
Seorang yang percaya diri akan tetap tenang meski pada waktu kesulitan. Seorang yang percaya diri memahami pentingnya ketenangan agar tidak frustrasi atau bermasalah saat berbicara dengan klien maupun dalam forum. Untuk mengatasi situasi yang kacau tidak dapat ditangani dengan kecemasan. Ketika seorang public relations percaya diri dengan kemampuan mereka untuk mengatasi hambatan, mereka tetap tenang dan impulsif. Ini akan membantu dalam mengambil evaluasi yang tepat, memahami tanpa merasa takut dan mencapai keberhasilan secepat mungkin.

Menerima Masukan
Seorang yang percaya diri akan selalu mengakui dan menyetujui masukan yang ia terima. Karena hal ini orang sering datang dengan masukan. Mereka sama-sama merasa bertanggung jawab untuk memberikan ide-ide perbaikan.

Mengidentifikasi Keberhasilan
Orang yang percaya diri mampu mengidentifikasi peluang di mana ia dapat membangun hasil yang baik dengan timnya. Dia juga mampu mengambil pujian dengan gerakan sederhana. Ia percaya diri akan selalu ingat bahwa itu adalah tugasnya untuk membawa keberhasilan perusahaan dan tidak akan membiarkan arogansi atau terlalu percaya diri menghambat karirnya. Mereka juga sama-sama mengakui keberhasilan rekan lainnya. Mereka baik dalam memilih peluang terbaik.

public speaking,public speaking tips,public speaking topics,public speaking skills,public speaking classes,public speaking definition,public speaking jobs,public speaking quotes,public speaking project,public speaking fear,public speaking activities,public speaking adalah,public speaking an audience-centered approach,public speaking academy,public speaking articles,public speaking and presentation skills,public speaking book,public speaking body language,public speaking benefits,public speaking basics,public speaking business,public speaking bandung,public speaking blog,public speaking competition,public speaking club,public speaking classes near me,public speaking careers,public speaking delivery,public speaking examples,public speaking events,public speaking experience,public speaking for success,public speaking games,public speaking groups,public speaking goals,public speaking gestures,public speaking guide,public speaking guidelines,public speaking ideas,public speaking introduction,public speaking informative speech,public speaking importance,public speaking jakarta,public speaking job description,public speaking know your audience,public speaking kursus,public speaking keywords,public speaking lesson plans,public speaking lessons,public speaking leadership,public speaking lecture,public speaking meaning,public speaking mistakes,public speaking nerves,public speaking nervousness,public speaking nervous,public speaking near me,public speaking news,public speaking outline,public speaking opportunities,public speaking online course,public speaking online,public speaking organization,public speaking one liners,public speaking on resume,public speaking objectives,public speaking practice,public speaking presentation,public speaking questions,public speaking qualities,public speaking rules,public speaking research,public speaking speech,public speaking seminars,public speaking strategies,public speaking training,public speaking techniques,public speaking text,public speaking test,public speaking title,public speaking workshop,public speaking workshop ideas,public speaking worksheets pdf,public speaking youtube,public speaking yang baik,public speaking yogyakarta,public speaking yang efektif,public speaking 2016,public speaking 2017,public speaking 4 methods of delivery


Tips Agar Percaya Diri didepan Klien dan Forum
                       
Meyakinkan Hadirin
Dalam situasi satu lawan satu atau kelompok kecil misalnya saat bertemu klien perseorangan, pembicara dapat menyesuaikan perkataannya dengan respon individu dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Sedangkan dalam sebuah forum, anda tidak dapat menetralisir individu dengan mudah.
Cara berfikir yang baik saat berbicara dengan klien atau sebagai pembicara dalam forum adalah anda berada disana untuk membagi pengetahuan. Berbicaralah pada tiap orang. Secara harfiah, tatap langsung mata tiap pendengar seperti yang anda lakukan dalam pembicaraan satu lawan satu. Pada awalnya hal ini akan sulit dilakukan jika anda telah terbiasa melihat sepintas atau menghindari kontak mata. Tetapi usaha ini patut dilakukan untuk mendapatkan kebiasaan dasar sebagai pembicara yang efektif.

Mengenali Pesan Kunci Anda

            Tugas anda adalah menjadi pembawa pesan kunci tersebut. Peran ini memampukan anda bersikap netral, sekalipun klien dan hadirin menyukai anda atau tidak. Masalahnya, hadirin menerima pesan tersebut atau tidak. Menjadi pembawa pesan membuat anda memahami peran dengan jelas.


Mengembangkan ‘referensi lebih’

            Saat berbicara dengan klien atau menjadi pembicara dalam forum, penting untuk memiliki ‘referensi lebih’. Yaitu luapan isi, ide, dan pemikiran tentang topik pembicaraan. Jika bisa, luangkan waktu sebelum memulai pembicaraan untuk memikirkannya, mengumpulkan contoh, meneliti, dan berbicara dengan orang lain. Pahami baik-baik bahan yang akan anda bicarakan. Inilah cara untuk menghasilkan referensi lebih. Artinya, anda memiliki sesuatu untuk diberikan dan membutuhkan hadirin untuk menerimanya.

Belajar Dari Orator Hebat

            Untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anda, mengapa tidak mendengarkan rekaman pisato dari orator-orator hebat dunia? Misalnya;
·      Sir Winston Churchill ‘We will fight them on the beaches’ (1940)
·      Mall Colm X ‘The ballot or the bullet’ (1964)
·      John F. Kennedy ‘Ask not what your country can do for you’ (1961)
·      Martin Luther King, Jr ‘I have a dream’ (1963)
·      Franklin D. Roosevelt ‘A date will live in infamy’ (1941)

Tetap Santai

            Tetap santai adalah sikap yang penting saat berbicara dengan klien maupun menjadi pembicara dalam sebuah forum, terutama jika anda mudah gugup. Berikut tips sederhana untuk mengatasi kegugupan anda. Tarik napas berlahan dan teratur. Sekarang bayangkan ada bulu kecil di ujung hidung anda. Buanglah napas selembut mungkin sehingga bulu tersebut tidak bergeser. Berkonsentrasilah hanya pada bulu tersebut. Teknik pernapasan dalam ini akan menenangkan anda.

Mempelajari Keterampilan Presentasi

            Presentasi yang efektif dimulai dengan persiapan sebelum anda naik ke panggung. Berikut beberapa tips dan latihan untuk membantu mematangkan persiapan anda.

Meningkatkan Ketangkasan Mental

            Tujuan dari latihan ketangkasan adalah untuk membantu anda membentuk ketangkasan dan kecakapan mental. Yang penting ketika anda perlu bereaksi cepat, terutama saat berhadapan dengan klien. Misalnya anda diminta untuk menyebutkan empat nama negara yang berawalan dengan huruf I secara cepat. Maka secara spontan mungkin anda akan menjawab “Indonesia, India, Iran, dan Iran”. Lakukan latihan ini dengan cepat selama 10 menit. Setelah selesai anda akan merasa cemerlang, cepat, dan tajam secara mental.

Mengeluarkan Suara

             Latihan ini akan membantu anda saat berbicara dengan hadirin dalam jumlah besar seperti dalam forum. Saat membaca dengan keras, bayangkan kata-kata yang terucap seperti anak panah yang meluncur dari mulut anda menuju sasaran. Mulailah dengan sasaran yang dekat lalu lanjutkan dengan sasaran yang semakin jauh.

Menyeimbangkan Kedua Bagian Otak

            Latihan ini membantu menyeimbangkan otak kiri (sisi logika) dan otak kanan (sisi kreatif) serta membuat kedua bagian tersebut bekerja secara harmonis. Ambillah dua bola tenis lalu lemparkan pada teman anda pada jarak satu meter. Pastikan agar bola tersebut tepat ditangan teman anda. Lalu suruh teman anda untuk melemparkan balik dan lakukan secara berulang-ulang. Setelah selesai, anda akan merasa stabil, tenang, dan seimbang.

Memvariasikan Kecepatan Penyampaian

            Berlatihlah membaca dengan kecepatan berbeda. Ambillah selembar tulisan dan bacalah dengan sangat lambat, sangat cepat, sangat stabil dan sistematis. Setelah latihan ini, anda akan merasa bisa menyampaikan presentasi dengan kecepatan yang diinginkan. Bukan terburu-buru karena tegang dan khawatir akan reaksi hadirin.

Membentuk Kecakapan

            Latihan ini akan membantu anda membentuk kecakapan dalam ketrampilan presentasi. Bayangkan anda berbicara dengan keras kepada anak kecil, seorang kakek, kepala negara, dan 10.000 hadirin. Bagaimana perbedaan intonasi anda saat berbicara pada orang-orang tersebut? Tentu saja berbeda saat berbicara dengan klien maupun dalam forum yang menyesuaikan hadirin. Maka anda harus membentuk kecakapan antara anda pribadi dan hadirin.

Berinteraksi Dengan Hadirin
           
            Cara anda berinteraksi dengan hadirin akan menentukan efektivitas presentasi anda. Komunikator yang buruk sering membuat pendengar merasa tertidur dengan bersembunyi dibalik slide atau tampilan visual lainnya. Padahal sebenarnya peralatan ini berguna untuk menjelaskan inormasi kunci, tetapi jika terlalu banyak akan menyebabkan anda kehilangan kontak dengan hadirin.
            Jangan takut untuk berbicara dari hati. Antusias dalam membuat pembicaraan berkesan karena unsur ini meningkatkan kecepatan pemindahan dari pembicara ke hadirin. Jika anda berbicara dalam forum, ingatlah bahwa anda tidak harus berada diposisi yang sama dan hanya berdiri di satu tempat saja. Terkadang pembicara terfokus pada satu titik sehingga hadirin merasa bosan.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Batu Rafting, Kaliwatu Rafting, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 081 334 664 876 / 085 311 091 054

SURABAYA
Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 082 231 080 521 / 0858 1219 5551
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar